Cara Alami Menambah Nafsu Makan dengan Jamu Tradisional | Brunluizz

Cara Alami Menambah Nafsu Makan dengan Jamu Tradisional

Cara menambah nafsu makan secara alami cukup beragam. Ada yang menggunakan obat-obatan kimia, atau yang kini sedang populer yaitu menggunakan obat herbal. Ya, obat-obatan herbalis atau jamu tradisional memiliki khasiat yang tak kalah baiknya dengan obat berbahan dasar kimia. Pun, jamu tradisional terbilang aman karena tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Nafsu makan yang berkurang kerap terjadi di kalangan anak-anak sebagai tanda perubahan pola makan. Sementara itu, orang dewasa biasa mengalami turunnya nafsu makan akibat penyakit radang tenggorokan, hepatitis, dan demam. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Nenek moyang dahulu mengandalkan ramuan-ramuan herbal alami yang bisa menambah nafsu makan. Dan, hasilnya juga cukup bagus.

Bagi Anda yang ingin menggemukkan badan, mungkin bisa mencoba cara alami menambah nafsu makan menggunakan jamu tradisional. Berikut adalah ulasannya untuk Anda. Baca juga cara mengecilkan lingkar paha dan betis.

Menambah Nafsu Makan Secara Alami

Jamu tradisional memang dikenal ampuh untuk mengobati berbagai penyakit. Pun, menambah nafsu makan juga dapat menggunakan obat herbal alami khas nenek moyang. Beberapa bahan alami berikut dapat Anda gunakan untuk menambah nafsu makan.

menambah nafsu makan dengan jamu tradisional
Image source: Google Images

1. Daun Pepaya
Bahan: Daun pepaya (satu helai), air matang (setengah gelas), garam dapur (secukupnya)
Cara pengobatan: Cuci bersih daun pepaya, lalu lumatkan dan tambahkan garam dan air kemudian peras hingga keluar air. Minumlah air perasan tersebut, dianjurkan untuk diminum saat pagi hari.

2. Rimpang Temu Putih
Bahan: Rimpang temu putih (25 gram), air bersih (2 gelas)
Cara pengobatan: Siapkan rimpang temu putih lalu tumbuk hingga halus, lalu tambahkan air sebanyak 2 gelas. Saring, lalu minumlah air tersebut rutin dua kali sehari.

3. Brotowali
Bahan: Daun brotowali (tiga helai), jari batang brotowali (dua jari batang, dipotong kecil-kecil), air bersih (2 gelas).
Cara pengobatan: Ambil daun dan batang brotowali lalu cuci hingga bersih, dan masukkan ke dalam wadah (dianjurkan wadah berbahan dasar tanah liat). Lalu, tuangkan air bersih dan rebus hingga tinggal setengahnya dalam keadaan tertutup. Jika sudah dingin, saringlah air rebusan tersebut. Minumlah air tersebut satu gelas sehari selama beberapa hari dengan rutin.

4. Temulawak
Bahan: Rimpang temulawak (30 gram), gula aren (1 sdt), air bersih (3 sdm)
Cara pengobatan: Cuci bersih rimpang temulawak lalu parut hingga halus dan tambahkan air sesuai takaran. Peras parutan tersebut dan saring airnya, kemudian tambah gula aren lalu minumlah sekaligus. Minumlah ramuan ini tiga hari sekali secara rutin.

5. Kesumba keling dan madu
Bahan: Daun kesumba keling (setengah genggam), madu murni (1 sdm), air bersih (3 gelas)
Cara pengobatan: Cuci bersih daun kesumba keling kemudian rebus bersama 3 gelas air bersih hingga matang. Dinginkan, lalu saring airnya dan bagi menjadi 3 porsi gelas untuk diminum 3 kali dengan madu.

6. Daun Kenikir
Bahan: Daun kenikir segar (100 gram)
Cara pengobatan: Cuci bersih daun kenikir segar, kemudian makan sebagai lalapan mentah.

Itulah cara menambah nafsu makan secara alami. Semoga nafsu makan Anda bisa kembali normal dengan menerapkan tips kesehatan dan kecantikan di atas.

wdcfawqafwef